PETA JALUR PENDAKIAN GUNUNG SLAMET


petagunungslamet

gunungslametGunung Slamet adalah gunung yang berada di kabupaten Purbalingga, Brebes dan Banjarnegara. Tepatnya di sebelah Barat kota Purbalingga dan sebelah Utara kota Purwokerto pada ketinggian Gunung ini mencapai 3432 m dpl dan termasuk gunung berapi tertinggi di Jawa dengan memiliki 4 buah kawah aktif yang terletak di puncaknya, sehingga dianjurkan untuk mendaki puncak sebelum pukul 10 pagi untuk menghindari adanya gas beracun. Dari puncak dapat terlihat gunung-gunung lainnya di jawa tengah seperti gunung Sumbing, Sindoro, merbabu, merapi bahkan kalau sedang cerah bisa melihat gunung Lawu.

Pada bulan-bulan tertentu cuaca di gunung ini sangat ekstrim dan seringkali terjadi badai pada puncaknya, suhu udara turun dengan drastis untuk mengantisipasinya jangan lupa membawa baju hangat, jas hujan dan kantung tidur agar tidak terkena hipotermia jika ingin mendaki gunung ini. Sebagian jalur pendakian amat curam dan pada musim hujan, jalur pendakian menjadi semakin berat karena jalur tersebut terisi oleh air.

Sebagian masyarakat jawa mempercayai bahwa gunung slamet adalah pusat dari pulau Jawa. Mereka juga menyebut gunung ini dengan nama gunung Lanang. Bahkan mereka juga percaya bahwa gunung ini adalah gunung yang angker, yang banyak didiami oleh mahluk halus. Terlepas dari mitos dan kepercayaan yang ada, gunung ini merupakan gunung yang indah, terutama di Pelawangan yaitu daerah sebelum puncak.

Ada beberapa pintu masuk untuk mendaki gunung ini yaitu melalui Bambangan, Batu Raden, Kaliwadas dan Randudongka. Tapi jalur resminya adalah melalui Bambangan, jalur-jalur lainnya sudah ditutup untuk keselamatan. Pemandangan yang di temui melalui pintu masuk Bambangan cukup beragam, dari pintu masuk perkebunan mendominasi rute perjalanan, lalu berganti dengan hutan hujan tropis, mendekati puncak berganti dengan semak semak, dan puncaknya berupa batu-batuan dan pasir. Jalur yang ditempuh cukup sulit dengan rata-rata kemiringan lebih dari 400.

Jalur Pendakian

Jalur Bambangan:
Bambangan merupakan sebuah desa yang terletak di lereng gunung slamet.
Dari desa ini menuju pos pertama melalui perkebunan sayur yang masih dapat ditempuh dengan motor sampai pos pesanggrahan perum perhutani Serang, setalah itu perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Biasanya pendaki memulai perjalanan pada sore untuk menghindari panasnya sengatan matahari ketika berjalan diperkebunan yang terbuka.

Ds. Bambangan -> Serang -> Gunung Malang-> Pondok Gembirung -> Pondok Walang -> Pondok Cemara -> Samarantu -> Samyang Rangkah -> Samyang Ketebonan -> Batur -> Samyang Jampang -> Samyang Kendit -> Pelawangan -> Puncak

About these ads

64 gagasan untuk “PETA JALUR PENDAKIAN GUNUNG SLAMET

  1. Gw inget selama gw naik gunung..,ini gunung paling berat yg pernah gw daki.( ini baru Gunung..!! )
    baik dr medan sampe ke tingkat kesulitannnya,jarang ada bonus track .
    Waktu itu kt ber-11 dan ngecamp t’akhir d plawangan..
    Tp begitu sampe puncak..,tuh capek ilang semua
    kt b’angkat dr bawah sampai puncak total 14 jam,tapi turunnya cm 2 jam,GILA !! ,karena air kta abis( pd hal masing masing dr kt bw 5 liter air )
    dan itu kt ngetrack/ngebut abis.
    so.. ,Gunung Slamet paling seru deh ..!

    Tx,

  2. Slamet…
    Gw ga dikasih tau kalo da lewat jam 11 ga usah naik ke Puncak, dan alhasil gw ma teman2 (ber4) jadi bulan2an badai di atas. Mana ada satu temen gw yang jatuh lagi untungnya ga ke jurang tapi seluruh tangannya habis kena batu yang tajam dan menimbulkan luka. Weleh2…

    • salam kenal,….
      berikan moment Hari Bumi 22 April 2009 tuk lebih menghijaukan lagi dan menjaga dari kehancuran habitat makhluk di bumi ini
      selamat berjuang dan salam berpetualang menempuh rimba dan puncak kedamian.

    • salam lestari. gi mana kabarx saudara ni aku mapala hipawidha malang……….. nama saya jalak

  3. Salam Lestari…
    Pengen bgt naek Gunung Slamet di akhir Juli…kira-kira buka ga yaa jalurnyaa??? Adakah yang mau bareng? email saya yaaa

  4. lbran kmrn adlh mmen yang benar2 g kn trlpkan bersma orang2 yang q syngi pergi k BATURADEN,INDAH sh….tpi syang krang trawat msih bnyak smpah aja yang berserakan.mhon d rundingkn lg y atas kbersihannya.

  5. gue anak gunung slamet rumah d bumiayu….!jaga kelestariannya …..penadaki boleh mendaki jalur via bumiayu……dapatkan sensasi pendakian yang lebih menantang dan lebih ekstreem dan lebih menakjubkan pemandangannya…….!

  6. weleh mantep nech gunung Slamet…
    ne satu-satunya gunung yang baru we naikin he…he…he…
    setelah itu lm pernah naik gunung selain gunung slamet, tapi keren pokoke…

  7. insya alloh Q akan naik ksana setelah lebaran,ni pertama kali Q naik ke gunung selamet pdhl rumah Q baturaden,
    dah sering kali Q naik gunung tp pngen bgt merasakan sensasi gunung selamat.

    mohon doanyaaaaa

  8. kamis besok 27 mei gw mo brgkt neeh ke slamet, buat yg mo gabung silahkan imel ke gw ….

    jalin persahabatan berawal dari satu tujuan

  9. Gunung tersebut juga berada di kabupaten Tegal dan Brebes loh jadi anda kurang lengkap.
    terus jalur pendakian dari tegal juga ada lebih indah pemandanganya bahkan banyak sekali terdapat air terjun yang tinggi mencapai 50 m kalau anda penasaran coba anda ikut pendakian masal lewat obyek wisata guci pada tanggal 31 Juli tepatnya hari sabtu. dibuka untuk umum dan di panitiai oleh Galas (Gabungan Pecinta Alas Slamet)

  10. Jalur Slamet banyak banget….jalur Bambangan masih tutup. Tapi kita bisa nanjak dari Guci, Baturaden, Moga (Gambuhan), Bumiayu.
    Yang pengin nanjak besok habis lebaran ada pendakian lewat jalur Gambuhan-Moga, jalur yang jarang digunakan…monggo yang mau ikut silahkan….biar rameee….
    Salam LEstari!!!!!

  11. kalo membaca dari serita yang ada di masyarakat,serem juga,tapi boleh juga untuk sesekali mencoba untuk menuju puncaknya….salam rimba

  12. Salam Rimba ..

    sudah 3 kali saya daki gunung slamet , selalu melalui jalur bambangan ..

    tapi blom saya naik Bambangan turun Batu Raden atau guci.
    Tolong di jelaskan di pos mana qt harus melawati jalur Guci (Byar Gg Tektok) ???

    salam petualang , menempuh rimba , menikmati indah’a puncak ..
    Lestari !!!

    • saya mau naik ke gunung slamet bulam bulan ini di buka ga ya…. minta informasinya sekalian ama g.sindoro dang. sumbing….nuhun
      mapala arga wilis bandung

  13. Salam knal w anak kaki gn Ciremai, Insya Allah tgl 21 Aprl 2011 w brng tmn BCA bkl naik gn slamet, minta info dan doanya….. Grasias

  14. pengen ke puncak selamet nih jalur mana yg di buka yah ??? bagi info dong kirim ke email yah :) (PAJ) penjelajah alam jakarta

  15. Salam Lestari semuanya,

    Mohon informasinya,rencananya sekitar tanggal 21 April saya dkk dari jakarta akan melakukan pendakian ke puncak gunung slamet.
    Bisa minta infonya ga dari rekan2 semua,kira2 sekitar tanggal segitu jalur pendakian dibuka ga yah & enaknya melewati rute mana?

    Terima Kasih sebelumnya.

    Salam Lestari !!

    • Salam kenal, aku anak pemalang, tapi belum pernah naik gunung slamet, menurut info yang aku tau, jalur yang paling enak lewat bambangan… kalo dari pemalang, lewat kec. belik, tepat di per4an pasar belik, belok kekanan arah desa gombong, mengikuti arah baturaden, kemudian ada plang jalur pendakian gunung….
      tolong ajak aku sob.. kalo mo kesana, tapi bulan2 ini sering hujan…
      FB: facebook.com/roman.rahardian

  16. Ping-balik: kangidioot

  17. Ping-balik: jalur pendakian gunung slamet « kangidioot

  18. FYI :

    Bulan Oktober ini kami GIATRI ( Penggiat Alam Lestari Indonesia ) merencanakan untuk melakukan pendakian ke G. Slamet sebagai alternatif ke-2 Setelah semeru dikarenakan kondisi gunung tsb. Pendaftaran telah di buka sejak KOPDAR di adakan yaitu pada tanggal 17 Mei 2011. jika berminat bisa menghubungi Saya selaku anggota GIATRI Surabaya di alamat email saya henyblorawati@yahoo.co.id atau bisa menghubungi saya di no. tlpn 081515177735,,,,,,,

    Salam Satu Gunung,,,,,,,,
    Terimakasih

    Heny S

  19. udah lama aq nda ngrasain indahnya gunung slamet ,,,,,mngkin sejak th 2002 yang lalu …..kini semangat itu muncul lagi,,,,semangat untuk berpetualang,,,,,mbah SLAMET tunggu kedatanganku ,,,,,salam lestari,,<<<<>>>>>

  20. jalur paling asooyy cuman dari Guci kab tegal(slawi) perjalanan dari guci ke pelawangan (perbatasan hutan sama puncak) kira2 6 jam, naik ke puncak kira2 1-2 jam. semua tergantung kondisi fisik pendaki. coba aja fren.. pasti lebih greget…
    perjalanan pulang dari puncak slamet ke guci hanya kira2 4 jam lari terus fren.. sbb lebih curam trek nya.

  21. salam lestari!! mas2 dn mbak2 saya pengen ndaki gng Slamet tp baru pertama kali. bagi yg punya info jalur serta estimasi lama perjalanan dari pos k pos mohon di share by e-mail dongk.
    thank salam lestari…

  22. sekedar saran..jangan naik ktika msim hujan__soal’a pngalaman naik dari jam 3 sore, nyampe pos 3 ja jam 8 mlm, soal’a hujan dri pertama brngkat…akhr’a ya jam 2 pgi brhnti jga hjan’a n bru lnjutin prjlnan…pas pulang jam 1 siang jg sma ja, hjan dari atas mpe bwah…( tu lwat jalur guci )

  23. Yang mo naik ke slamet bisa menghubungi pic masing2 jalur, kebetulan ane cuman punya 2 :

    1. Jalur Bambangan – Pak Sugeng 0857 26000 335
    2. Jalur Gucci – Ament Galas 0856 4064 6707

    Disarankan untuk by phone jangan sms, biar sopan + bisa nanya2 banyak hal. Semoga membantu kawan….

    No di atas masih valid, kebetulan ane baru konfirmasi mo naik besok jumat lewat jalur bambangan. Semoga lancar…aamiin

    Salam Sukses :D

  24. Gunung slamet Udah dibuka sekitar dari 4 bln yg lalu bagi yg butuh pemandu untuk informasi dan untuk membawa perlengkapan mendaki bisa hubungi saya ke nomor 085742343268
    Thanks

  25. kami dari WAPALHI (Wahana Pecinta Alam Lingkungan Hidup) POLINES Semarang, mau tanya,
    1. kalau mau mengadakan pendakian gunung Slamet jalur Kedawung Liwung itu bagaimana ? mulai dari mana ? pos-pos nya dari mana ?
    2. kalau bisa kirim gambar jalur nya di email saya.
    tolong ya. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s